Kamis, 06 Januari 2011

Daftar Buah dan Sayur Untuk Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Banyak buah dan sayuran yang mempunyai khasiat yang tinggi untuk memperkuat ketahanan tubuh. Mungkin anda tidak menyadari, buah dan sayur yang dikonsumsi secara seimbang dapat meningkatkan ketahanan tubuh seseorang. Cermati info berikut dan temukan kehebatan buah dan sayur berikut !

Jeruk
“ Mengatasi Sariawan “, itu pasti hal pertama yang ada dalam benak kebanyakan orang ketika ditanya tentang manfaat jeruk. Namun, tahukan Anda bahwa jeruk dapat merupakan salah satu buah yang dapat mencegah kanker dan serangan jantung ? Enzim Limonoid pada jeruk mampu mencegah kanker tersebut. Enzim pectin yang ada menurunkan kolesterol jahat, memperbaiki penyumbatan pembuluh darah, dan memerkecil resiko serangan jantung.

Semangka
Wajah segar, bercahaya, dan tampak lebih muda terpancar dari orang yang mengonsumsi buah kaya air ini secara teratur. Zat beta-karoten dalam semangka mampu menyegarkan kembali sel – sel layu yang dirusak oleh molekul radikal bebas yang merupakan hasil sampingan metabolisme tubuh. Likopen yang ada dalam semangka dapat menyusut resiko kanker mulut rahim dan kanker pancreas pada perempuan. Sebuah hasil penelitian di India menunjukan, likopen dapat menambah jumlah sperma laki – laki terutama yang struktur spermanya tidak normal dan pergerakannya lamban.

Belimbing
Buah ini mengandung serat makanan, Vitamin A dan C, serta kalium. Zat zat tersebut menjaga kenormalan fungsi organ pencernaan system pembuluh darah dan jantung. Bagi orang yang mempunyai tekanan darah dan kolesterol tinggi sangat disarankan untuk mengkonsumsi belimbing ini.

Kedelai
Dalam kacang kedelai terdapat isoflavon, enzim yang memiliki fungsi mirip hormon estrogen sehingga dapat mencegah keropos tulang. Kedelai juga termasuk makanan pengganti protein tinggi yang ideal karena tidak mengandung asam lemak jenuh sehingga mengurangi resiko serangan jantung.

Brokoli
Sulforafan, zat antioksidan pada brokoli dapat membantu tubuh untuk menghilangkan atau menetralkan zat penyebab kanker, karsinogetik. Zat beta – karoten di dalam brokoli mapu mencegah kanker usus besar dan payudara serta tekanan darah tinggi.

Kangkung
Kangkung membuat ngantuk ! mitos ini sudah lama beredar di masyarakat, tetapi sebenarnya kangkung mengandung zat untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Sayuran yang bersifat antiracun, antiradang, mengandung protein, kalsium, serta karoten ini dapat melancarkan air seni. Bagi ibu hamil, kangkung juga berguna untuk mengatasi mual pada awal kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar